Just another free Blogger theme

adst


Pengikut

https://rppguruman2022.blogspot.com/

Total Tayangan Halaman

Kamis, 12 Mei 2022

 

SILABUS

 

Madrasah                   : MTs

Mata Pelajaran          : Akidah Akhlak

Kelas / Semester       : VII / II

 

Standar Kompetensi: Akidah

  4. Memahami Asmaul Husna

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

TEKNIK

ALOKASI

WAKTU

SUMBER

BELAJAR

1

2

3

4

5

6

7

8

4.1

 

 

 

 

 

 

 

 

Menguraikan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)

 

10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)

Ø  Menelaah berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan menjelaskan 10 Asmaul Husna

Ø  Siswa diminta membaca  10 Asmaul Husna

Ø  Menanyakan kepada siswa tentang 10 Asmaul Husna

Ø  Siswa diminta untuk Menguraikan 10 Asmaul Husna

Ø  Diskusi kelompok tentang Menguraikan 10 Asmaul Husna

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan 10 Asmaul Husna

§  Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna

§  Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna

§  Menyebutkan arti  10 Asmaul Husna

§  Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna

 

§  Tes tulis

§  Tes Lisan

§  Tes tulis

2 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

4.2

Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)

10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)

Ø  Mengamati lingkungan sekitarnya untuk menemukan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna.

Ø  Siswa diminta membaca bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna

Ø  Menanyakan kepada siswa tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna

Ø  Diskusi kelompok tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna

§  Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar.

§  Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya.

 

§  Penugasan

§  Penugasan

2 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

4.3

Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)

10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)

Ø  Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  perilaku orang yang mengamalkan  10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari

Ø  Siswa diatur untuk  saling bertanya dan guru memberikan skor

Ø  Menanyakan kepada siswa tentang contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna

Ø  Diskusi kelompok tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna

§  Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku orang yang mengamalkan  10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari

§  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)

§  Penugasan

§  Penugasan

2 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

4.4

Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari

10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)

Ø  Mempraktikkan sikap yang menunjukkan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari

Ø  Diskusi kelompok tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna

 

§  Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga.

§  Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah.

§  Tes unjuk kerja

§  Tes unjuk kerja

2 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

 


Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

ALOKASI

WAKTU

SUMBER

BELAJAR

1

2

3

4

5

6

7

8

5.1

Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan dengan benar.

Ø  Bertanya jawab tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Kelompok diminta saling menilai hasil adu cepat dengan  membaca buku beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Diskusi kelompok tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

§  Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT.

§  Menunjukkan dalil naqli tentang adanya malaikat Allah SWT.

§  Menjelaskan pengertian makhluk ghoib seperti jin, iblis dan setan

§  Menunjukkan dalil naqli tentang jin, iblis dan setan

§  Tes tulis

§  Tes tulis

§  Tes tulis

§  Tes Lisan

1 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

 

5.2

Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Diskusi kelompok tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

§  Menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat Allah melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar

§  Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar

§  Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui dalil naqli.

§  Penugasan

§  Tes tulis

§  Penugasan

1 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

5.3

Menjelaskan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Bertanya jawab tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Diskusi kelompok tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

§  Menyebutkan nama dan tugas malaikat Allah SWT.

§  Menyebutkan sifat-sifat malaikat Allah SWT.

§  Menjelaskan keterkaitan ketaatan malaikat Allah dengan perbuatan manusia.

§  Menyebutkan sifat-sifat makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan

§  Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan dan iblis

§  Menjelaskan keterkaitan sifat  jin, iblis dan setan dengan perbuatan manusia.

§  Tes Lisan

§  Tes Lisan

§  Penugasan

§  Tes tulis

§  Tes tulis

§  Penugasan

1 x 40

 

 

 

 

 

 

§  Buku Teks Nara Sumber

5.4

Menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.

Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.

Ø  Mengamati fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.

Ø  Diskusi kelompok tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.

Ø  Siswa diminta membaca  ciri-ciri/tanda-tanda tentang perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.

§  Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman kepada malaikat Allah  melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan

§  Menunjukkan ciri-ciri orang yang meyakini adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan

§  Tes tulis

§  Penugasan

1 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

 

 


Standar Kompetensi           : Akhlak

              6. Menghindari akhlak tercela kepada Allah

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

ALOKASI

WAKTU

SUMBER

BELAJAR

1

2

3

4

5

6

7

8

6.1

Menjelaskan pengertian riya dan nifaq.

Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)

Ø  Membaca dan menelaah berba-gai literatur untuk dapat menje-laskan pengertian riya dan nifaq

Ø  Diskusi kelompok tentang riya dan nifaq.

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang riya dan nifaq.

§  Menjelaskan pengertian riya.

§  Menjelaskan pengertian nifaq

§  Dapat menguraikan pengertian riya dan nifaq.

§  Tes tulis

§  Tes tulis

1 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

6.2

Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq

Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq

Ø  Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq

Ø  Diskusi kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq

§  Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq

§  Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan riya dan nifaq

§  Tes Lisan

§  Tes Lisan

1 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

6.3

Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam  fenomena kehidupan

Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq

Ø  Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam  fenomena kehidupan

Ø  Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq

§  Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dalam  fenomena kehidupan

§  Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifaq dalam  fenomena kehidupan

§  Penugasan

§  Penugasan

1 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

6.4

Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq.

Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)

Ø  Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq sehingga ia berusaha untuk menghindarinya.

Ø  Diskusi kelompok tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq

Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq

 

§  Menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq.

§  Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga

§  Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.

§  Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

 

§  Tes Lisan

§  Tes Lisan

§  Tes Lisan

§  Tes Lisan

1 x 40

§  Buku Teks Nara Sumber

 

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar