SILABUS
Madrasah :
MTs
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / II
Standar Kompetensi: Akidah
4. Memahami Asmaul Husna
NO
|
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PEMBELAJARAN |
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR |
TEKNIK |
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR |
1
|
2 |
3 |
4
|
5 |
6 |
7 |
8 |
|
4.1 |
Menguraikan 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) |
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) |
Ø
Menelaah berbagai
literatur untuk dapat menyebutkan dan menjelaskan 10 Asmaul Husna Ø
Siswa
diminta membaca 10 Asmaul Husna Ø
Menanyakan kepada
siswa tentang 10 Asmaul Husna Ø
Siswa
diminta untuk Menguraikan 10 Asmaul Husna Ø
Diskusi
kelompok tentang Menguraikan 10 Asmaul Husna Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan 10 Asmaul Husna |
§ Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna § Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna § Menyebutkan arti 10 Asmaul Husna § Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna |
§ Tes tulis § Tes Lisan § Tes tulis |
2 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
|
4.2 |
Menunjukkan bukti kebenaran
tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) |
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) |
Ø
Mengamati lingkungan
sekitarnya untuk menemukan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah
melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna. Ø
Siswa
diminta membaca bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui
sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna Ø
Menanyakan
kepada siswa tentang bukti kebenaran tanda-tanda
kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna Ø
Diskusi
kelompok tentang bukti kebenaran tanda-tanda
kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan bukti kebenaran
tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna |
§ Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya
dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar. § Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya
dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya. |
§ Penugasan § Penugasan |
2 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
|
4.3 |
Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) |
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) |
Ø
Mengamati lingkungan
sekitar untuk mengenali perilaku orang
yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam
kehidupan sehari-hari Ø
Siswa
diatur untuk saling bertanya dan guru
memberikan skor Ø
Menanyakan
kepada siswa tentang contoh perilaku orang yang
mengamalkan 10 al-Asma al-Husna Ø
Diskusi
kelompok tentang yang mengamalkan 10 al-Asma
al-Husna Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang yang mengamalkan 10
al-Asma al-Husna |
§ Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari § Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) |
§ Penugasan § Penugasan |
2
x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
|
4.4 |
Meneladani sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam
kehidupan sehari-hari |
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) |
Ø
Mempraktikkan sikap
yang menunjukkan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari Ø
Diskusi
kelompok tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam 10 Asmaul Husna Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Meneladani
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna |
§ Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga. § Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah. |
§ Tes unjuk kerja § Tes unjuk kerja |
2
x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan keimanan kepada
malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat
NO
|
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PEMBELAJARAN |
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR |
TEKNIK PENILAIAN |
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR |
1
|
2 |
3 |
4
|
5 |
6 |
7 |
8 |
|
5.1 |
Menjelaskan pengertian beriman
kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan
setan |
Iman kepada malaikat Allah SWT dan
makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan |
Ø
Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah
SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan dengan benar. Ø
Bertanya
jawab tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib
lainnya seperti jin, iblis dan setan Ø
Kelompok
diminta saling menilai hasil adu cepat dengan
membaca buku beriman kepada malaikat Allah SWT
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan Ø
Diskusi
kelompok tentang beriman kepada malaikat Allah SWT
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang beriman kepada
malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan |
§ Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT. § Menunjukkan dalil naqli tentang adanya malaikat Allah SWT. § Menjelaskan pengertian makhluk ghoib seperti jin, iblis dan setan § Menunjukkan dalil naqli tentang jin, iblis dan setan |
§ Tes tulis § Tes tulis § Tes tulis § Tes Lisan |
1 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
|
5.2 |
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran
adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan |
Bukti/dalil kebenaran adanya
malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan |
Ø
Mengamati fenomena
alam yang terjadi di lingkungan sekitar untuk menemukan bukti/dalil kebenaran
adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan Ø
Diskusi
kelompok tentang Bukti/dalil kebenaran adanya
malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Bukti/dalil kebenaran
adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan |
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat Allah melalui fenomena alam yang
terjadi di lingkungan sekitar § Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar § Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
melalui dalil naqli. |
§ Penugasan § Tes tulis § Penugasan |
1 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
|
5.3 |
Menjelaskan tugas dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan |
Tugas dan sifat-sifat malaikat
Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan |
Ø
Membaca dan menelaah
berbagai literatur untuk dapat menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat
Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan Ø
Bertanya
jawab tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk
ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan Ø
Diskusi
kelompok tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat
Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Tugas dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan |
§ Menyebutkan nama dan tugas malaikat Allah SWT. § Menyebutkan sifat-sifat malaikat Allah SWT. § Menjelaskan keterkaitan ketaatan malaikat Allah dengan perbuatan manusia. § Menyebutkan sifat-sifat makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan § Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan dan iblis § Menjelaskan keterkaitan sifat jin,
iblis dan setan dengan perbuatan manusia. |
§ Tes Lisan § Tes Lisan § Penugasan § Tes tulis § Tes tulis |
1 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
|
5.4 |
Menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan. |
Ciri-ciri/tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan. |
Ø
Mengamati fenomena
lingkungan sekitar untuk menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk
ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan. Ø
Diskusi
kelompok tentang Ciri-ciri/tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan. Ø
Siswa
diminta membaca ciri-ciri/tanda-tanda tentang
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan. Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Ciri-ciri/tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan. |
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman kepada malaikat Allah melalui perilakunya terhadap fenomena
kehidupan § Menunjukkan ciri-ciri orang yang meyakini adanya makhluk ghaib seperti
jin, iblis dan setan melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan |
§ Tes tulis § Penugasan |
1 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
Standar
Kompetensi : Akhlak
6. Menghindari akhlak tercela kepada Allah
NO
|
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PEMBELAJARAN |
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR |
TEKNIK PENILAIAN |
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR |
1
|
2 |
3 |
4
|
5 |
6 |
7 |
8 |
|
6.1 |
Menjelaskan pengertian riya dan
nifaq. |
Akhlak tercela kepada Allah (riya
dan nifaq) |
Ø
Membaca dan menelaah
berba-gai literatur untuk dapat menje-laskan pengertian riya dan nifaq Ø
Diskusi
kelompok tentang riya dan nifaq. Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang riya dan nifaq. |
§ Menjelaskan pengertian riya. § Menjelaskan pengertian nifaq § Dapat menguraikan pengertian riya dan nifaq. |
§ Tes tulis § Tes tulis |
1 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
|
6.2 |
Mengidentifikasi bentuk dan
contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq |
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan
riya dan nifaq |
Ø
Mengamati lingkungan
sekitar untuk mengenali bentuk dan
contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq Ø
Diskusi
kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh
perbuatan riya dan nifaq Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Bentuk dan
contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq |
§ Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq § Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan riya dan nifaq |
§ Tes Lisan § Tes Lisan |
1 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
|
6.3 |
Menunjukkan nilai-nilai negatif
akibat perbuatan riya dan nifaq dalam
fenomena kehidupan |
Nilai-nilai negatif akibat
perbuatan riya dan nifaq |
Ø
Mengamati lingkungan
sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
dalam fenomena kehidupan Ø
Diskusi
kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat
perbuatan riya dan nifaq Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif
akibat perbuatan riya dan nifaq |
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifaq dalam fenomena kehidupan |
§ Penugasan § Penugasan |
1 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
|
6.4 |
Membiasakan diri menghindari
hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq. |
Akhlak tercela kepada Allah (riya
dan nifaq) |
Ø
Mengidentifikasi
hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
sehingga ia berusaha untuk menghindarinya. Ø
Diskusi
kelompok tentang menghindari hal-hal yang mengarah
pada perbuatan riya dan nifaq Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan tentang menghindari hal-hal
yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq |
§ Menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq. § Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan keluarga § Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan sekolah. § Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan masyarakat. |
§ Tes Lisan § Tes Lisan § Tes Lisan § Tes Lisan |
1 x 40 |
§ Buku Teks Nara Sumber |
0 comments:
Posting Komentar