KISI-KISI SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER SEMESTER GANJIL
Nama Madrasah : MAN …………… Semester
/ Tahun Ajaran : I (Ganjil). 20../20..
Kelas / Peminatan : XII / Wajib Nama Guru Penyusun :
……………………….
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK Email
/ Telp : ……………………….
![]()
Dimensi proses kognitif : level
C1, C2, C3, C4, C5 atau C6 Pilihan
ganda : 40 soal
Dimensi pengetahuan : faktual,
konseptual, prosedural atau metakognitif Essay / Uraian : 0
Setiap mapel 10 % soal
klasifikasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) indikator level
C4, C5, atau C6
|
No. KD |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Dasar |
Materi Esensial |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No. Soal |
Dimensi Proses Kognitif |
Dimensi Pengetahuan |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
|
1. |
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. |
1. Meyakini sifat- Allah yang terkandung dalam tujuh Al-Asma
Al-Husna: al-Ghafar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik
dan al-Hakim. 2. Membiasakan menerapkan nilai-nilai positif yang
terkandung dalam tujuh Al-Asma Al-Husna:
al- Ghaffar, al- Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan
al-Hakim dalam kehidupan sehari-hari. 3. Memahami makna tujuh Al-Asma Al-Husna: al-
Ghaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim 4. Melafalkan dan menghafal Al-Asma Al-Husna dengan
Baik |
Ø
Keyakinan terhadap Sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam tujuh Asmaul Husna: al-Gaffar, al-Razzaq, al-Malik,
al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq, dan al-Hakim Ø
Pembiasaan nilai-nilai positif
yangterkandung dalam tujuh Asmaul Husna: al-Gaffar, al-Razzaq, al-Malik,
al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq, dan al-Hakim dalam keseharian Ø
Tujuh Asmaul Husna: al-Gaffar, al-Razzaq,
al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq, dan al-Hakim |
ü Menyatakan nama-nama
yang melekat pada sifat-sifat baik Alloh swt. ü Menjelaskan inovatif
perilaku seseorang yang mencerminkan Asma’ul Husna Al Kholiq ü Menjelaskan
perbuatan seorang mukmin yang
meneladani salah satu dari asma’ul husna. ü Menyebutkan
salah arti dari salah satu asmaul
husna. Menunjukkan sikap yang bertentangan dengan Al-Malik ü Perilaku
yang mencerminkan seorang mukmin yang meneladani sifat Alloh swt, Ar-Razzaq. ü Contoh bagi
seorang yang meyakini bahwa Alloh memiliki sifat Al-Gaffar. ü Menentukan
seorang muslim yang meneladani sifat Allah, swt. Al- Hadi. ü Dalil tentang
Allah SWT memiliki nama sekaligus sebagai sifatNya. |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 |
C1 C2 C2 C2 C2 C2 C2 C2 C4 |
faktual
Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Prosedural Prosedural Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual
Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Konseptual Faktual Konseptual Konseptual Konseptual Prosedural Faktual Konseptual Konseptual Konseptual Prosedural |
|
2 |
Menghayati dan
mengamalkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif dan pro aktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
1.
Menghayati nilai-nilai positif
dari amal saleh, toleransi, musawwah dan
ukhuwah 2.
Terbiasa berperilaku amal
saleh toleransi,musawahdanukhuwah dalam kehidupan sehari-hari 3.
Memahami pengertian dan
pentingnya
amal
saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah 4.
Menyajikan pengertian dan
pentingnya amal saleh, toleransi, musawah dan
ukhuwah |
· Penghayatan
nilai-nilai positif dari amal salih, toleransi, musawah, dan ukhuwwah · Pembiasaan
perilaku amal salih, toleransi, musawah dan ukhuwah dalam kehidupan
seharihari · Pengertian
dan pentingnya amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwwah · Pentingnya
amal salih, toleransi, musawah, dan ukhuwah |
ü Dalil
tentang balasan bagi orang yang beramal saleh. ü Contoh amal
saleh mencakup Hablu minallah dan Hablu minannas. ü Menjelaskan
definisi dari toleransi. ü Menjelaskan
bentuk toleransi yang benar. ü Bentuk akibat
yang di timbulkan jika dalam kehidupan masyarakat tidak ada toleransi. ü Menjelaskan pemahaman
konsep Musawwah. ü Ciri-ciri
orang yang mengedepankan sikap musawwah. ü Menjelaskan
empat prinsip dasar dalam ukhuwah. ü Menjelaskan
maksud dari ukhuwah wathaniyah. ü Ayat
Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa orang mukmin adalah bersaudara. |
PG PG PG PG PG PG Esey PG PG PG |
10 11 12 13 14 15 2 16 17 18 |
C4 C2 C2 C2 C2 C2 C3 C3 C2 C3 |
|
|
3. |
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
sertamenerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
1.
Menyadari dampak negatif dari perilaku
nifaqdan keras hati (pemarah) 2.
Menghindari nilai-nilai negatif akibat
perilaku nifaq dan keras hati (pemarah) 3.
Memahami pengertian nifaq dan keras hati
(pemarah) 4.
Memaparkan dampak negatif dari perilaku
nifaq dan keras hati (pemarah) |
|
ü Menyebutkan
pengertian nifaq secara etimologi. ü Menyebutkan
nifaq yang menyebabkan pelakunya keluar dari islam. ü Balasan bagi
orang munafik ketika di akherat kelak. ü Menyebutkan
ciri-ciri orang munafik. ü Menyebutkan
cara-cara menghindari perilaku nifaq. ü Menjelaskan
akibat yang di timbulkan karena marah dalam menghadapi suatu masalah. ü Menyebutkan di antara cara menghindari marah. ü Menyebutkan dampak bagi kesehatan akibat marah. ü Menyebutkan
langkah-langkah untuk menahan marah. ü Menjelaskan
nilai negatif dari perilaku keras hati [pemarah] |
PG PG PG Esey PG PG PG PG PG PG |
19 20 21 3 22 23 24 25 26 27 |
C2 C3 C2 C3 C3 C2 C2 C3 C3 C3 |
|
|
4. |
Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta,
dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan |
1.
Menghayati adab yang baik dalam bergaul
dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis. 2.
Terbiasa beradab yang baik dalam bergaul
dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis 3.
Memahami adab bergaul dengan orang yang
sebaya, yang lebih tua yang lebih muda dan lawan jenis 4.
Mensimulasikan adab bergaul dengan orang
yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis |
v Penghayatan
tentang adab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih
tua, yang lebih muda dan lawan jenis v Pembiasaan
adab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang
lebih muda dan lawan jenis v Adab bergaul
dengan orang yang sebaya, yang lebih tua yang lebih muda dan lawan jenis v Adab bergaul
dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis |
ü Menyebutkan
larangan dalam bergaul dengan teman sebaya. ü Menjelaskan
tata cara bergaul dengan teman sebaya. ü Menyebutkan
larangan-larangan dalam bergaul dengan orang yang lebih tua. ü Menunjukkan
salah satu sikap santun kepada orang yang lebih tua ü Menjelaskan
tata cara bergaul dengan orang yang lebih muda ü Menunjukkan
kisah dalam Al qur’an yang pernah tinggal di Gua 309 tahun ü Menunjukkan
salah satu cara menghormati seorang guru di sekolah ü Menyebutkan
tata cara dalam bergaul dengan lawan jenis. ü Menjelaskan
larangan-larangan dalam bergaul dengan lawan jenis. ü Ayat Al-Qur’an
yang menunjukkan larangan pergaulan antar lawan jenis |
PG PG Essay PG PG PG PG PG PG PG |
28 29 4 30 31 32 33 34 35 36 |
C2 C2 C3 C2 C2 C1 C2 C3 C2 C4 |
|
|
|
|
1.
Menghayati keutamaan sifat-sifat Al-Gazali
dan Ibnu Sina 2.
Meneladani keutamaan sifat-sifat Al-Gazali,
Ibnu Sina 3.
Menganalisis kisah keteladanan Al-Gazali dan
Ibnu Sina 4.
Menceritakan kisah keteladanan Al-Gazali dan
Ibnu Sina |
§ Penghayatan
terhadap keutamaan sifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina § Keteladanan
ifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina § Keteladanan
Al-Gazali dan Ibnu Sina § Keteladanan
Al-Gazali dan Ibnu sina |
ü Menyebutkan
karya terbesar Al-Ghazali yang popular sampai abad modern ini. ü Menyebutkan
Nama guru AL-Ghazali yang pertama di bidang tauhid. ü Menyebutkan
judul karya Al Ghozali yang menolak filsafat ü Karya Ibnu
Sina yang berupa ensklopedi di bidang
kedokteran ü Gelar yang
diberikan kepada Ibnu Sina |
Esey PG PG PG PG |
5 37 38 39 40 |
C1 C3 C3 C2 C4 |
|
|
|
…………….., …………….. 20.. |
|
Mengetahui, |
|
|
|
Kepala Madrasah |
|
Penyusun, |
|
|
|
|
|
…………………………… |
|
……………………………. |
|
NIP. ……………………... |
|
NIP. ……………………… |
0 comments:
Posting Komentar