Just another free Blogger theme

adst


Pengikut

https://rppguruman2022.blogspot.com/

Total Tayangan Halaman

Rabu, 11 Mei 2022

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER SEMESTER GANJIL

 

Nama Madrasah         :    MAN ……………                               Semester / Tahun Ajaran                         :    I  (Ganjil). 20../20..

Kelas / Peminatan       :    XII / Wajib                                           Nama Guru Penyusun            :                                   
……………………….

Mata Pelajaran            :    AQIDAH AKHLAK                           Email / Telp                            :                                    ……………………….

 


Dimensi proses kognitif     :                                level C1, C2, C3, C4, C5 atau C6                          Pilihan ganda                      :    40 soal

Dimensi pengetahuan    :    faktual, konseptual, prosedural atau metakognitif           Essay / Uraian            :           0

Setiap mapel 10 % soal klasifikasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) indikator level C4, C5, atau C6

No. KD

Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

Materi Esensial

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal

Dimensi Proses Kognitif

Dimensi Pengetahuan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1.

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

 

1.    Meyakini sifat- Allah yang terkandung dalam tujuh Al-Asma Al-Husna: al-Ghafar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim.

2.    Membiasakan menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam tujuh Al-Asma

      Al-Husna: al- Ghaffar, al- Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim      dalam kehidupan sehari-hari.

3.    Memahami makna tujuh Al-Asma Al-Husna: al- Ghaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim

4.    Melafalkan dan menghafal Al-Asma Al-Husna dengan Baik

 

Ø Keyakinan terhadap Sifat-sifat Allah yang terkandung dalam tujuh Asmaul Husna: al-Gaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq, dan al-Hakim

Ø Pembiasaan nilai-nilai positif yangterkandung dalam tujuh Asmaul Husna: al-Gaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq, dan al-Hakim dalam keseharian

Ø Tujuh Asmaul Husna: al-Gaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq, dan al-Hakim

 

 

 

ü Menyatakan nama-nama yang melekat pada sifat-sifat baik Alloh swt.

ü Menjelaskan inovatif perilaku seseorang yang mencerminkan  Asma’ul Husna Al Kholiq

ü Menjelaskan perbuatan seorang mukmin yang       meneladani salah satu dari asma’ul husna.

ü Menyebutkan salah arti dari salah satu asmaul   husna. Menunjukkan sikap yang bertentangan dengan Al-Malik

ü Perilaku yang mencerminkan seorang mukmin yang meneladani sifat Alloh swt, Ar-Razzaq.

ü Contoh bagi seorang yang meyakini bahwa Alloh memiliki sifat Al-Gaffar.

ü Menentukan seorang muslim yang meneladani sifat Allah, swt. Al- Hadi.

ü Dalil tentang Allah SWT memiliki nama sekaligus sebagai sifatNya.

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

8

 

9

 

 

 

 

C1

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

C2

 

C2

 

C2

 

C2

 

C2

 

C2

 

C4

faktual  

 

 

 

 

 

Konseptual

 

 

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

Konseptual

 

Prosedural

 

 

 

 

Prosedural

 

Konseptual 

 

 

Konseptual 

 

Konseptual

 

Konseptual

 

 

 

Konseptual

 

Konseptual

 

Konseptual

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

 

 

 

Konseptual

 

Konseptual

 

 

Konseptual

 

Konseptual

 

Konseptual

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

 

 

Konseptual 

 

Konseptual 

 

 

Konseptual 

 

Konseptual

 

 

Konseptual 

 

Faktual

 

 

Konseptual

 

Konseptual

 

Konseptual 

 

 

Prosedural 

 

 

 

 

 

Faktual

 

 

Konseptual 

 

Konseptual

 

Konseptual 

 

Prosedural   

 

 

2

Menghayati dan mengamalkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 

1.    Menghayati nilai-nilai positif dari amal saleh, toleransi, musawwah dan ukhuwah

2.    Terbiasa berperilaku amal saleh toleransi,musawahdanukhuwah dalam kehidupan sehari-hari

3.    Memahami pengertian dan pentingnya amal saleh,  toleransi, musawah dan  ukhuwah

4.    Menyajikan pengertian dan pentingnya amal saleh, toleransi, musawah dan  ukhuwah

 

·      Penghayatan nilai-nilai positif dari amal salih, toleransi, musawah, dan ukhuwwah

·      Pembiasaan perilaku amal salih, toleransi, musawah dan ukhuwah dalam kehidupan seharihari

·      Pengertian dan pentingnya amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwwah

·      Pentingnya amal salih, toleransi, musawah, dan ukhuwah

 

ü Dalil tentang balasan bagi orang yang beramal saleh.

ü Contoh amal saleh mencakup Hablu minallah dan Hablu minannas.

ü Menjelaskan definisi dari toleransi.

ü Menjelaskan bentuk toleransi yang benar.

ü Bentuk akibat yang di timbulkan jika dalam kehidupan masyarakat tidak ada toleransi.

ü Menjelaskan pemahaman konsep Musawwah.

ü Ciri-ciri orang yang mengedepankan sikap musawwah.

ü Menjelaskan empat prinsip dasar dalam ukhuwah.

ü Menjelaskan maksud dari ukhuwah wathaniyah.

ü Ayat Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa orang mukmin adalah bersaudara.

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

 

PG

 

Esey

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

 

 

10

 

11

 

 

12

 

13

 

14

 

 

 

15

 

2

 

16

 

17

 

18

 

 

 

 

C4

 

C2

 

 

C2

 

C2

 

C2

 

 

 

C2

 

C3

 

C3

 

C2

 

C3

 

 

 

3.

Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, sertamenerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 

1.    Menyadari dampak negatif dari perilaku nifaqdan keras hati (pemarah)

2.    Menghindari nilai-nilai negatif akibat perilaku nifaq dan keras hati (pemarah)

3.    Memahami pengertian nifaq dan keras hati (pemarah)

4.    Memaparkan dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati (pemarah)

 

 

*   Penyadaran dampak negatif dari perilaku nifaqdan keras hati (pemarah)

*   Penolakan nilai-nilai negatif akibat perilaku nifaq dan keras hati (pemarah)

*   Pengertian nifaq dan keras hati (pemarah)

*   Dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati (pemarah)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ü Menyebutkan pengertian nifaq secara etimologi.

ü Menyebutkan nifaq yang menyebabkan pelakunya keluar dari islam.

ü Balasan bagi orang munafik ketika di akherat kelak.

ü Menyebutkan ciri-ciri orang munafik.

ü Menyebutkan cara-cara menghindari perilaku nifaq.

ü Menjelaskan akibat yang di timbulkan karena marah dalam menghadapi suatu masalah.

ü Menyebutkan  di antara cara menghindari marah.

ü Menyebutkan  dampak bagi kesehatan akibat marah.

ü Menyebutkan langkah-langkah untuk menahan marah.

ü Menjelaskan nilai negatif dari perilaku keras hati [pemarah]

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

Esey

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

19

 

20

 

 

21

 

3

 

22

 

23

 

24

 

25

 

26

 

27

 

 

 

C2

 

C3

 

 

C2

 

C3

 

C3

 

C2

 

C2

 

C3

 

C3

 

C3

 

4.

Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta, dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

1.    Menghayati adab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis.

2.    Terbiasa beradab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis

3.    Memahami adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua yang lebih muda dan lawan jenis

4.    Mensimulasikan adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis

 

v Penghayatan tentang adab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis

v Pembiasaan adab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis

v Adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua yang lebih muda dan  lawan jenis

v Adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis

 

 

ü Menyebutkan larangan dalam bergaul dengan teman sebaya.

ü Menjelaskan tata cara bergaul dengan teman sebaya.

ü Menyebutkan larangan-larangan dalam bergaul dengan orang yang lebih tua.

ü Menunjukkan salah satu sikap santun kepada orang yang lebih tua

ü Menjelaskan tata cara bergaul dengan orang yang lebih muda

ü Menunjukkan kisah dalam Al qur’an yang pernah tinggal di Gua 309 tahun

ü Menunjukkan salah satu cara menghormati seorang guru di sekolah

ü Menyebutkan tata cara dalam bergaul dengan lawan jenis.

ü Menjelaskan larangan-larangan dalam bergaul dengan lawan jenis.

ü Ayat Al-Qur’an yang menunjukkan larangan pergaulan antar lawan jenis

 

PG

 

PG

 

 

Essay

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

28

 

29

 

 

4

 

30

 

 

31

 

32

 

 

33

 

34

 

35

 

 

36

 

 

 

 

 

C2

 

C2

 

 

C3

 

C2

 

 

C2

 

C1

 

 

C2

 

C3

 

C2

 

 

C4

 

 

 

 

 

1.    Menghayati keutamaan sifat-sifat Al-Gazali dan  Ibnu Sina

2.    Meneladani keutamaan sifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina

3.    Menganalisis kisah keteladanan Al-Gazali dan Ibnu Sina

4.    Menceritakan kisah keteladanan Al-Gazali dan Ibnu Sina

§  Penghayatan terhadap keutamaan sifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina

§  Keteladanan ifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina

§  Keteladanan Al-Gazali dan Ibnu Sina

§  Keteladanan Al-Gazali dan Ibnu sina

ü Menyebutkan karya terbesar Al-Ghazali yang popular sampai abad modern ini.

ü Menyebutkan Nama guru AL-Ghazali yang pertama di bidang tauhid.

ü Menyebutkan judul karya Al Ghozali yang menolak filsafat

ü Karya Ibnu Sina yang berupa ensklopedi di bidang  kedokteran

ü Gelar yang diberikan kepada Ibnu Sina

Esey

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

5

 

 

37

 

38

 

39

 

40

C1

 

 

C3

 

C3

 

C2

 

C4

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                       

 

…………….., …………….. 20..

Mengetahui,

 

 

Kepala Madrasah

 

Penyusun,

 

 

 

 

 

 

 

……………………………

 

…………………………….

NIP. ……………………...

 

NIP. ………………………

 

 

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar