Just another free Blogger theme

adst


Pengikut

https://rppguruman2022.blogspot.com/

Total Tayangan Halaman

Kamis, 12 Mei 2022

 

 

KISI – KISI SOAL P A T

 

Jenjang Madrasah   : MAN

Kelas/Jurusan            : X / IPA-IPS

Mata Pelajaran          : AKIDAH  AKHLAK

Tahun Pelajaran         : 2022 - 2023

Alokasi Waktu           : 90 MENIT

Jumlah Soal                : 40 Soal  ( PG )

Kompetensi Inti :

 

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji, dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

No. Urut

KOMPETENSI DASAR

KELAS

MATERI POKOK

INDIKATOR

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

No. SOAL

KUNCI JAWABAN

PENCAPAIAN KOMPETENSI

SOAL

1.        

 

 

 

 

 

3.6 Menganalisis makna al-asma ul al husna ( al-karim, al-mukmin, al-wakil, al-matiin, al-jami,al-hafidz, al-rafi, al-wahab, al-rakib, al-mubni, al-muhyi, al-hayyu, al-qoyum, al-akhir, al-mujib, al-awwal )

       X

- Makna Asmaul Husna

 

 

 

-          Dalil Al Qur’an tentang Asmaul Husna

 

-          Dalil Al-Matiin, Qs.Adz Dzariyat:8

 

-          Al- Jami

 

 

-          Ar- Rafi

 

 

-          Teladan Ar- Raqib

 

3.6.1  Menjelaskan pengertian makna Asmaul Husna

 

 

 

3.6.2 Menyebutkan dalil  Al Qur’an tentang Asmaul Husna

 

 

 

 

3.6.3 Menyebutkan dalil Al-Matiin

 

 

 

3.6.4 Menyebutkan tentang Al- Jami

 

3.6.5 Menyebutkan tentang  Ar- Rafi

 

3.6.6 Menyebutkan tentang teladan Ar-Raqib

 

Peserta didik mampu menjelaskan pengertian makna Asmaul Husna

 

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang dalil Asmaul Husna

 

 

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan dalil al-matiin

 

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan Al- Jami

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan Ar- Rafi

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan teladan Ar-Raqib

C2

 

 

 

 

C1

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

C1

 

 

C2

 

 

C3

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

5

 

 

6

 

 

C

 

 

 

 

B

 

 

 

 

 

E

 

 

 

 

C

 

 

B

 

 

A

       2. 

3.7 Menganalisis makna, dalil dan ciri-ciri Islam Washatiyah (moderat ) dan ciri-ciri pemahaman Islam Radikal

 

X

   -  Makna Washatiyah

 

 

-   Dalil islam Washatiyah

 

 

 

 

 

 

-          Makna Radikalisme

3.7.1 Menyebutkan tentang makna Washatiyah

 

 

3.7.2 Menyebutkan tentang dalil islam washatiyah

 

 

3.7.3 Menyebutkan tentang dalil islam washatiyah

 

 

3.7.4 Menyebutkan makna radikalisme

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna Washatiyah

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang islam washatiyah

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang islam washatiyah

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna radikalisme

C 2

 

 

 

C3

 

 

 

C3

 

 

 

C1

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

7

 

 

 

     8

 

 

 

9

 

 

 

10

A

 

 

 

B

 

 

 

B

 

 

 

C

      3.

3.8.1 Menganalisis hakikat dan sifat dasar nafsu syahwat dan ghadab, serta cara menundukannya melalui mujaadah dan riyadah (tazkiyah al-nafs)

 

 

X

-          Makna nafsu syahwat

 

 

-          Bahaya nafsu syahwat

 

 

-          Makna nafsu amarah / ghadab

 

 

-          Dalil Amarah/ghadab

 

-          Hikmah tidak marah

 

k

3.8.1 Menyebutkan makna nafsu syahwat

 

 

3.8.2 Menyebutkan tentang bahaya nafsu syahwat

 

 

3.8.3 Menyebutkan tentang makna nafsu amarah / ghadab

 

 

 

3.8.4 Menyebutkan tentang dalil amarah / ghadab

 

 

3.8.5 Menyebutkan hikmah tidak marah

-    Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna nafsu syahwat

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang bahaya nafsu syahwat

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna nafsu amarah / ghadab

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang dalil amarah /ghadab

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang hikmah tidak marah

C1

 

 

 

C2

 

 

 

C1

 

 

 

 

C3

 

 

 

C2

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

      PG

 

 

 

       PG

11

 

 

 

12

 

 

 

13

 

 

 

 

14

 

 

 

15

B

 

 

 

C

 

 

 

D

 

 

 

 

E

 

 

 

B

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

Menganalisis makna dan keutamaan induk sifat-sifatutama yakni : hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah

X

 

 

 

 

 

 

-  Makna Hikmah

 

 

 

-  Makna Al-Hilm

 

 

 

-  Keutamaan Hikmah

 

 

-  Makna Al- Iffah

 

 

 

-   Dalil Al- Iffah

 

 

 

- Makna Syaja’ah

 

 

 

- Nilai positif dari Syaja’ah

 

 

- Keutamaan Al’Adalah

3.9.1  Menyebutkan tentang makna Hikmah

 

 

3.9.2 Menyebutkan tentang makna Al- Hilm

 

 

3.9.3 Menyebutkan tentang keutamaan Hikmah

 

 

3.9.4 Menyebutkan tentang makna Al- Iffah

 

 

3.9.5 Menyebutkan tentang dalil Al-Iffah

 

 

3.9.6 Menyebutkan tentang makna Syaja’ah

 

 

3.9.7 Menyebutkan tentang nilai positif dari Syaja’ah

 

 

3.9.8 Menyebutkan tentang keutamaan Al’Adalah

-           Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna Hikmah

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna Al- Hilm

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang keutamaan Hikmah

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna Al- Iffah

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang dalil Al-Iffah

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna Syaja’ah

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang nilai positif dari Syaja’ah

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang keutamaan Al’Adalah

C 1

 

 

 

C1

 

 

 

C2

 

 

 

C1

 

 

 

C3

 

 

 

C1

 

 

 

C3

 

 

 

C2

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

16

 

 

 

17

 

 

 

18

 

 

 

19

 

 

 

20

 

 

 

21

 

 

 

22

 

 

 

23

 

A

 

 

 

D

 

 

 

C

 

 

 

B

 

 

 

C

 

 

 

D

 

 

 

E

 

 

 

B

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.10 Menganalisis  hasil analisis tentang sebab-sebab, contoh, dan cara menghindari licik, tamak, dzalim dan diskriminasi

 

X

-          Makna

Licik

 

 

-          Ciri sifat licik

 

 

 

-          Dalil Licik

 

 

 

-          Makna Tamak

 

 

-          Dalil Tamak

 

        

 

-          Cara menghindari Tamak

 

 

-          Makna Dzalim

 

 

-          Ciri-ciri dzalim

 

 

-          Macam-macam Dzalim

 

-          Dalil naqli tentang Dzalim

 

-          Makna diskriminasi

 

-          Dalil diskriminasi

 

 

-          Cara menghindari diskriminasi

 

4.10.1 Menyebutkan tentang makna Licik

 

 

4.10.2 Menyebutkan tentang ciri sifat licik

 

 

4.10.3 Menyebutkan tentang dalil licik

 

 

4.10.4 Menyebutkan tentang  tentang makna Tamak

 

 

4.10.5 Menyebutkan tentang dalil Tamak

 

 

4.10.6 Menyebutkan tentang cara menghindari Tamak

 

 

 

4.10.7 Menyebutkan tentang makna Dzalim

 

 

4.10.8 Menyebutkan tentang ciri-ciri Dzalim

 

 

4.10.9 Menyebutkan tentang macam-macam Dzalim

 

 

4.10.10 Menyebutkan tentang dalil Dzalim

 

 

4.10.11 Menyebutkan tentang makna diskriminasi

 

4.10.9 Menyebutkan tentang dalil diskriminasi

 

 

4.10.10 Menyebutkan tentang cara menghindari diskriminasi

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna Licik

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang ciri sifat licik

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang dalil licik

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna Tamak

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang dalil Tamak

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang cara menghindari Tamak

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna  dzalim

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang ciri-ciri Dzalim

 

-           Peserta didik mampu menjelaskan tentang macam-macam Dzalim

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang dalil Dzalim

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna diskrimina

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang dalil diskriminasi

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang cara menghindari diskriminasi

C1

 

 

 

C2

 

 

 

C3

 

 

 

C1

 

 

 

C2

 

 

 

C2

 

 

 

 

C1

 

 

 

C1

 

 

 

C3

 

 

 

C3

 

 

 

C2

 

 

C3

 

 

 

C1

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

24

 

 

 

25

 

 

 

26

 

 

 

27

 

 

 

28

 

 

 

29

 

 

 

 

30

 

 

 

31

 

 

 

32

 

 

 

33

 

 

 

34

 

 

35

 

 

 

36

B

 

 

 

D

 

 

 

E

 

 

 

E

 

 

 

C

 

 

 

C

 

 

 

 

E

 

 

 

A

 

 

 

E

 

 

 

B

 

 

 

C

 

 

D

 

 

 

D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

3.11 Menganalisis adab dan hikmah mengunjungi orang sakit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-          Adab menjenguk orang sakit

 

-          Hikmah menjenguk orang sakit

 

-          Lafadz doa untuk orangsakit

 

 

-          Hikmah menjenguk orang sakit

 

 

 

 

3.11.2 Menyebutkan tentang adab menjenguk orang sakit

 

 

 

3.11.3 Menyebutkan tentang hikmah menjenguk orang sakit

 

 

 

3.11.4 Menyebutkan tentang lafadz doa untuk orang sakit

 

 

 

3.11.6 Menyebutkan tentang hikmah menjenguk orang sakit

 

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang adab menjenguk orang sakit

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang hikmah menjenguk orang sakit

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang lafadzdoa menjenguk orang sakit

 

-          Peserta didik mampu menjelaskan tentang hikmah menjenguk orang sakit

 

     C3

 

 

 

 

C3

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

C1

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG



 

 

 

 

 

 

 

37

 

 

 

 

38

 

 

 

 

39

 

 

 

 

40

 

 

 

B

 

 

 

 

E

 

 

 

 

E

 

 

 

 

E

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                   ………………………….,        8 Mei 2022

                                                                                                                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                               

                                                                                                                                                                                                                                    ..........................................                                                                                                                                                                                                                             NIP. ………………………..

 

 

 

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar