KISI – KISI SOAL P A T
Jenjang Madrasah : MAN
Kelas/Jurusan : X / IPA-IPS
Mata Pelajaran :
AKIDAH AKHLAK
Tahun Pelajaran : 2022 - 2023
Alokasi Waktu : 90 MENIT
Jumlah Soal : 40 Soal ( PG )
Kompetensi Inti :
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji, dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
No. Urut |
KOMPETENSI DASAR |
KELAS |
MATERI POKOK |
INDIKATOR |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
No. SOAL |
KUNCI JAWABAN |
|
|
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
SOAL |
||||||||
|
1.
|
3.6 Menganalisis makna al-asma ul al husna (
al-karim, al-mukmin, al-wakil, al-matiin, al-jami,al-hafidz, al-rafi,
al-wahab, al-rakib, al-mubni, al-muhyi, al-hayyu, al-qoyum, al-akhir,
al-mujib, al-awwal ) |
X |
- Makna Asmaul Husna -
Dalil Al Qur’an tentang Asmaul Husna -
Dalil Al-Matiin, Qs.Adz Dzariyat:8 -
Al- Jami -
Ar- Rafi -
Teladan Ar- Raqib |
3.6.1
Menjelaskan pengertian makna Asmaul Husna 3.6.2 Menyebutkan dalil Al Qur’an tentang Asmaul Husna 3.6.3 Menyebutkan dalil Al-Matiin 3.6.4 Menyebutkan tentang Al- Jami 3.6.5 Menyebutkan tentang Ar-
Rafi 3.6.6 Menyebutkan tentang teladan Ar-Raqib |
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian makna Asmaul Husna -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang dalil Asmaul Husna -
Peserta didik mampu menjelaskan
dalil al-matiin -
Peserta didik mampu menjelaskan Al-
Jami -
Peserta didik mampu menjelaskan Ar-
Rafi -
Peserta didik mampu menjelaskan
teladan Ar-Raqib |
C2 C1 C2 C1 C2 C3 |
PG PG PG PG PG PG |
1 2 3 4 5 6 |
C B E C B A |
|
2.
|
3.7 Menganalisis makna, dalil dan ciri-ciri Islam
Washatiyah (moderat ) dan ciri-ciri pemahaman Islam Radikal |
X |
-
Makna Washatiyah - Dalil islam Washatiyah -
Makna Radikalisme |
3.7.1 Menyebutkan
tentang makna Washatiyah 3.7.2 Menyebutkan
tentang dalil islam washatiyah 3.7.3 Menyebutkan
tentang dalil islam washatiyah 3.7.4 Menyebutkan
makna radikalisme |
-
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang makna Washatiyah -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang islam washatiyah -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang islam washatiyah -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang makna radikalisme |
C 2 C3 C3 C1 |
PG PG PG PG |
7 8 9 10 |
A B B C |
|
3. |
3.8.1 Menganalisis
hakikat dan sifat dasar nafsu syahwat dan ghadab, serta cara menundukannya
melalui mujaadah dan riyadah (tazkiyah al-nafs) |
X |
-
Makna nafsu syahwat -
Bahaya nafsu syahwat -
Makna nafsu amarah / ghadab -
Dalil Amarah/ghadab -
Hikmah tidak marah k |
3.8.1 Menyebutkan makna nafsu syahwat 3.8.2 Menyebutkan tentang bahaya nafsu syahwat 3.8.3 Menyebutkan tentang makna nafsu amarah / ghadab 3.8.4 Menyebutkan tentang dalil amarah / ghadab 3.8.5 Menyebutkan hikmah tidak marah |
- Peserta didik mampu menjelaskan tentang
makna nafsu syahwat -
Peserta didik mampu menjelaskan tentang bahaya nafsu
syahwat -
Peserta didik mampu menjelaskan tentang makna nafsu amarah
/ ghadab -
Peserta didik mampu menjelaskan tentang dalil amarah
/ghadab -
Peserta didik mampu menjelaskan tentang hikmah tidak marah |
C1 C2 C1 C3 C2 |
PG PG PG PG PG |
11 12 13 14 15 |
B C D E B |
|
4. |
Menganalisis makna dan
keutamaan induk sifat-sifatutama yakni : hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah |
X |
- Makna Hikmah - Makna Al-Hilm - Keutamaan Hikmah - Makna Al- Iffah - Dalil Al- Iffah -
Makna Syaja’ah -
Nilai positif dari Syaja’ah -
Keutamaan Al’Adalah |
3.9.1 Menyebutkan tentang makna Hikmah 3.9.2 Menyebutkan tentang
makna Al- Hilm 3.9.3 Menyebutkan tentang
keutamaan Hikmah 3.9.4 Menyebutkan
tentang makna Al- Iffah 3.9.5 Menyebutkan
tentang dalil Al-Iffah 3.9.6 Menyebutkan
tentang makna Syaja’ah 3.9.7 Menyebutkan
tentang nilai positif dari Syaja’ah 3.9.8 Menyebutkan
tentang keutamaan Al’Adalah |
-
Peserta didik mampu menjelaskan tentang
makna Hikmah -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang makna Al- Hilm -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang keutamaan Hikmah -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang makna Al- Iffah -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang dalil Al-Iffah -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang makna Syaja’ah -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang nilai positif dari Syaja’ah -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang keutamaan Al’Adalah |
C 1 C1 C2 C1 C3 C1 C3 C2 |
PG PG PG PG PG PG PG PG |
16 17 18 19 20 21 22 23 |
A D C B C D E B |
|
5 |
4.10 Menganalisis
hasil analisis tentang sebab-sebab, contoh, dan cara menghindari
licik, tamak, dzalim dan diskriminasi |
X |
-
Makna Licik -
Ciri sifat licik -
Dalil Licik -
Makna Tamak -
Dalil Tamak -
Cara menghindari Tamak -
Makna Dzalim -
Ciri-ciri dzalim -
Macam-macam Dzalim -
Dalil naqli tentang Dzalim -
Makna diskriminasi -
Dalil diskriminasi -
Cara menghindari diskriminasi |
4.10.1 Menyebutkan
tentang makna Licik 4.10.2 Menyebutkan
tentang ciri sifat licik 4.10.3 Menyebutkan
tentang dalil licik 4.10.4 Menyebutkan
tentang tentang makna Tamak 4.10.5 Menyebutkan
tentang dalil Tamak 4.10.6 Menyebutkan
tentang cara menghindari Tamak 4.10.7 Menyebutkan
tentang makna Dzalim 4.10.8 Menyebutkan
tentang ciri-ciri Dzalim 4.10.9 Menyebutkan
tentang macam-macam Dzalim 4.10.10
Menyebutkan tentang dalil Dzalim 4.10.11
Menyebutkan tentang makna diskriminasi 4.10.9 Menyebutkan
tentang dalil diskriminasi 4.10.10
Menyebutkan tentang cara menghindari diskriminasi |
-
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang makna Licik -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang ciri sifat licik -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang dalil licik -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang makna Tamak -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang dalil Tamak -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang cara menghindari Tamak -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang makna dzalim -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang ciri-ciri Dzalim -
Peserta didik mampu menjelaskan tentang
macam-macam Dzalim -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang dalil Dzalim -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang makna diskrimina -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang dalil diskriminasi -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang cara menghindari diskriminasi |
C1 C2 C3 C1 C2 C2 C1 C1 C3 C3 C2 C3 C1 |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 |
B D E E C C E A E B C D D |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
3.11 Menganalisis adab dan hikmah mengunjungi
orang sakit |
X |
-
Adab menjenguk orang sakit -
Hikmah menjenguk orang sakit -
Lafadz doa untuk orangsakit -
Hikmah menjenguk orang sakit |
3.11.2 Menyebutkan
tentang adab menjenguk orang sakit 3.11.3 Menyebutkan
tentang hikmah menjenguk orang sakit 3.11.4 Menyebutkan
tentang lafadz doa untuk orang sakit 3.11.6 Menyebutkan
tentang hikmah menjenguk orang sakit |
-
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang adab menjenguk orang sakit -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang hikmah menjenguk orang sakit -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang lafadzdoa menjenguk orang sakit -
Peserta didik mampu menjelaskan
tentang hikmah menjenguk orang sakit |
C3 C3 C2 C1 |
PG PG PG PG
|
37 38 39 40 |
B E E E |
…………………………., 8 Mei 2022
Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak
.......................................... NIP.
………………………..
0 comments:
Posting Komentar