Just another free Blogger theme

adst


Pengikut

https://rppguruman2022.blogspot.com/

Total Tayangan Halaman

Rabu, 16 Juli 2025

 CARA MENENTUKAN DIMENSI PROFIL LULUSAN DALAM RPP PEMBELAJARAN MENDALAM

🔍 1. Pahami 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila



Pastikan guru memahami terlebih dahulu makna dari keenam dimensi:

 1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia

 2. Berkebinekaan global

 3. Gotong royong

 4. Mandiri

 5. Bernalar kritis

 6. Kreatif


🧭 2. Identifikasi Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran


Lihat tujuan pembelajaran (TP) dalam RPP atau modul ajar, kemudian hubungkan:

 • Apakah siswa diminta untuk menyampaikan pendapat? → Bernalar kritis

 • Apakah siswa harus menghasilkan karya? → Kreatif

 • Apakah siswa diminta kerja kelompok? → Gotong royong

 • Apakah pembelajaran menyangkut nilai atau moral? → Beriman dan berakhlak

 • Apakah siswa diajak melihat perspektif global? → Berkebinekaan global

 • Apakah siswa mengelola waktu dan belajar sendiri? → Mandiri


🎯 3. Hubungkan dengan Aktivitas Pembelajaran


Contoh:

 • Jika siswa membuat proyek bersama dan membagi peran → Gotong royong

 • Jika siswa meneliti isu lingkungan dan menganalisis data → Bernalar kritis

 • Jika siswa mempresentasikan solusi dengan cara unik → Kreatif


📌 4. Gunakan Panduan Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila


Setiap dimensi punya elemen dan sub-elemen. Misalnya:


Dimensi Bernalar Kritis →

🔹 Memperoleh dan memproses informasi

🔹 Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

🔹 Merefleksi pemikiran dan proses berpikir


Dimensi Gotong Royong →

🔹 Kolaborasi

🔹 Kepedulian

🔹 Berbagi peran dan tanggung jawab


Gunakan ini sebagai pedoman indikator yang bisa muncul dalam aktivitas pembelajaran.


📄 5. Tulis dalam Format RPP atau Modul Ajar


Contoh dalam bagian Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan:


Dimensi: Gotong Royong

Alasan: Siswa bekerja dalam kelompok untuk menyusun solusi atas masalah kebersihan sekolah, membagi peran, dan menyepakati aturan kerja tim.


Atau ditulis seperti ini:


Profil Pelajar Pancasila:

 1. Bernalar kritis – menganalisis teks untuk menemukan gagasan utama

 2. Gotong royong – diskusi kelompok membahas hasil analisis

 3. Kreatif – membuat poster kampanye kebersihan


💡 Tips Praktis

 • Fokus pada maksimal 2–3 dimensi per RPP untuk lebih mendalam.

 • Dimensi bisa berbeda tergantung fase peserta didik (A-B-C).

 • Gunakan kata kerja operasional yang mendukung dimensi (misalnya: mengkaji, menyusun, mencipta, mengevaluasi, menyampaikan ide, berkolaborasi, dll.)

#guru #sekolah #pendidikan #guruindonesia#madrasah


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar