Just another free Blogger theme

adst


Pengikut

https://rppguruman2022.blogspot.com/

Total Tayangan Halaman

Rabu, 25 Juni 2025

  RESUME PENGENALAN MANAJEMEN KINERJA ORGANISASI


Pemateri : W (DISDIK PRO

Nama Peserta : D

Angkatan : 115

NDH : 20

Hari/Tanggal : Rabu, 21 Agustus 2024




A. MANAJEMEN KINERJA ORGANISASI

Pengertian Manajemen Kinerja Guru adalah pengelolaan kinerja seorang guru atau dalam hal ini adalah pegawai atau pekerja untuk mencapai target atau tujuan pendidikan secara efektif dan efisien

Manajemen kinerja guru merupakan faktor yang akan menentukan kinerja guru, yang pada gilirannya akan berdampak pada kinerja satuan pendidikan atau sekolah, ketepatan memanfaatkan dan mengembangkan kinerja guru akan menjadi hal penting dalam peningkatan kapabilitas sekolah dalam mencapai tujuannya

B. LANDASAN HUKUM 

1. Permenpan RB nomor 6 tahun 2022 tentang pengelolaan kinerja pegawai ASN

2. Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah

3. Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 182 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat 

4. Surat Edaran Bersama antara BKN dengan Kemdikbudristek Dikti Nomor 17 tahun 2023 dan Nomor 9 Tahun 2023 tentang Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara Guru

C. Manajemen Kinerja Organisasi

1. Guru

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

2. Sekolah

Satuan Administrasi Pangkal yang selanjutnya disebut Satminkal adalah satuan pendidikan utama yang secara administrasi Guru atau Kepala Sekolah terdaftar sebagai Guru atau Kepala Sekolah.


D. Kinerja Pegawai Harus Mendukung Kinerja Organisasi

1. Standar kinerja itu sangatlah penting dan harus ada karena standar kinerja merupakan tingkat kinerja yang diharapkan dalam suatu organisasi, dan merupakan pembanding atau “tujuan”atau “target” tergantung pada pendekatan yang diambil

2. kunci utama peningkatan mutu pendidikan di sekolah adalah guru. Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat peserta didik merasa nyaman ketika menuntut ilmu bersamanya

3. guru yang berkepribadian tinggi adalah guru yang mampu menjadi sebuah teladan bagi peserta didiknya sebagaimana pepatah mengatakan bahwa guru adalah seseorang yang patut ditiru, sosok yang didengar ucapan petuahnya, serta diikuti dan diteladani

4. Maju mundurnya kinerja sekolah, salah satunya ditentukan oleh kualitas kinerja yang dimiliki oleh guru-gurunya. Selain itu, hal lain yang dipertimbangkan adalah motivasi yang diterima oleh guru untuk dapat meningkatkan kinerjanya.

E. PengelolaanKinerja Pegawai (PermenpanRBRINo. 6 Tahun 2022) 

1. Perencanaan Kinerja Pegawai

2. Pelaksanaan, Pemantauan, dan Pembimbingan Kinerja Pegawai

3. Penilaian Kinerja Pegawai

4. Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Kinerja Pegawai













F. Model Kompetensi Guru

1. Pedagogik 

2. Profesional 

3. Sosial 

4. Profesional 

5. Kepribadian

G. Rekomedasi Tindak Lanjut

1. Pengembangan Kompetensi Guru dapat mempertimbangkan hasil pemetaan box talenta pegawai

2. Kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional Sejalan dengan kebijakan Double Asesmen, untuk kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional, mepertimbangkan posisi box talenta pegawai

3. Basis Rencana Suksesi Hasil Pemetaan Box Taleta Pegawai menjadi pertimbangan untuk mencari rencana suksesi untuk melakukan pengisian Jabatan di Lingkungan Dinas Pendidikan yang memerlukan kompetensi teknis kependidikan sesuai dengan ketentuan pengisian jabatan yang berlaku.

H. MERDEKA BELAJAR

1. PROGRAM GURUPENGGERAK

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

2. PROGRAM SEKOLAHPENGGERAK

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

3. IKM DAN PMM

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Phasellus ultrices egestas nisi, id tincidunt erat viverra sit amet. Morbi efficitur nunc at nulla finibus, sed molestie elit interdum.



Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar